Tanggung Jawab Sosial

Kontribusi INTA untuk masyarakat dan lingkungan diwujudkan dalam aktifitas kegiatan sosial dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial. CSR merupakan wujud nyata dalam bentuk implementasi dari kepedulian INTA terhadap masyarakat dan lingkungan. Melalui kegiatan CSR, Perseroan dapat memberikan manfaat ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat sekitar serta berkontribusi dalam pemberdayaan sosial yang tidak dapat terpisahkan dengan kegiatan operasional INTA.

Perseroan berkomitmen untuk membangun dan mengembangkan berbagai program yang menunjang pembangunan berkelanjutan meliputi aspek ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan pengelolaan lingkungan, yang melibatkan kepedulian pekerja, komunitas setempat dan masyarakat luas untuk meningkatkan kualitas kehidupan. INTA melakukan CSR yang berlandaskan pada etika kerja, prinsip tata kelola perusahaan, ketaatan pada hukum dan aturan yang berlaku, kesadaran karyawan, serta kesadaran masyarakat di sekitar wilayah operasional INTA.

 

 

 

 

Program INTA Care

 

 

Care Social Community

Melalui kegiatan ini, INTA mencoba mendukung komunitas yang berada di wilayah operasi Perseroan. Dengan program Care Social ini perusahaan juga bekerjasama dengan pihak ketiga yang kompeten di bidangnya. Beberapa program Care Social Community antara lain bakti sosial, pemberian bantuan alat olahraga, bantuan pengadaan perpustakaan untuk anak anak jalanan, acara buka puasa bersama, bina lingkungan,dan sebagainya.

Care Health

INTA turut serta berpartisipasi dalam bidang kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat yang bermukim di sekitar daerah operasional INTA. Beberapa contoh program Care Health antara lain yaitu mendukung proses pembangunan Rumah Indonesia Sehat, pemberian pengobatan gratis, penyemprotan demam berdarah, penyelenggaraan donor darah bekerjasama dengan PMI, khitanan massal, dan sebagainya.

Care School

Care School adalah program yang berkaitan dengan pendidikan dan kegiatan ini turut membantu program pemerintah dalam hal peningkatan dan pengembangan pendidikan pelajar. Beberapa program yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah pemberian beasiswa, program pengajaran, program bantuan pendidikan, pelatihan bagi guru-guru SMK dan universitas, serta pemberian workshop bagi sekolah sekolah dengan tujuan memberikan gambaran dunia kerja.

Care Green

Perseroan melalui kegiatan Care Green berupaya menjaga lingkungan sekitar wilayah operasional agar tetap asri dan hijau sehingga tercipta kualitas hidup yang lebih baik. Contoh kegiatan Care Green yang dilakukan INTA antara lain pengolahan limbah, gotong-royong membersihkan lingkungan warga, dan sebagainya.

 

 

 

 

Kesehatan dan Keselamatan Kerja

 

 

INTA sebagai perusahaan Penyedia Solusi Total di bidang alat berat menyadari betul akan risiko yang dihadapi oleh karyawannya, terlebih karyawan yang berada di lapangan. Untuk itu INTA sangat fokus akan keselamatan kerja karyawan karena perusahaan memandang karyawan sebagai penggerak roda perusahaan yang harus diperhatikan. Pelaksanaan program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) menjadi komitmen INTA dalam menjalankan setiap kegiatan operasional di seluruh lokasi usaha. Praktik pedoman K3 yang diterapkan INTA sejalan dengan kebutuhan karyawan dengan tujuan meminimalisir kesalahan serta meningkatkan manfaat positif dari setiap kegiatan operasional Perseroan. Melalui program K3, INTA secara berkelanjutan mengadakan pelatihan kepada karyawan, menerapkan cara kerja sesuai standar operational procedure (SOP) yang telah dibuat untuk menghindari kecelakan kerja, serta melakukan rapat tentang K3 yang dilakukan oleh seluruh karyawan. INTA memastikan bahwa program keselamatan kerja serta perlindungan kesehatan bagi karyawan telah sesuai dengan aturan dan perundangan yang berlaku. INTA selalu memonitor bahwa seluruh program kesehatan dan keselamatan kerja ini sudah diimplementasikan oleh seluruh karyawan di setiap jenjang organisasi. Dengan demikian karyawan mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi risiko atau bahaya saat bekerja. Perseroan juga akan melakukan evaluasi terhadap system keamanan kerja secara berkala untuk meninjau prosedur pelaksanaan standar keamanan kerja dan mengidentifikasi potensi bahaya serta risiko yang mungkin terjadi selama kegiatan operasional berlangsung. Jika ditemukan potensi bahaya yang baru, maka INTA akan meningkatkan prosedur keamanan demi mencegah kecelakaan.


 

 Kebijakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja 

 Program Kerja Kesehatan dan Keselamatan Kerja 

 

 

 

 

Perlindungan Konsumen

 

 

Sederet pencapaian INTA merupakan hasil dari konsep bisnis yang diusung yakni menyediakan layanan solusi total termasuk mengutamakan kepuasan konsumen. Dengan layanan optimal, Perseroan mendengar, memahami, dan memberikan solusi terbaik kepada konsumen. Menjaga kepercayaan konsumen adalah hal yang terpenting dalam bisnis demi menjalin hubungan jangka panjang. Salah satu kegiatan terkait perlindungan konsumen yang dilakukan perusahaan INTA adalah membuat acara customer gathering, product clinic, serta pameran. Dengan acara-acara tersebut, diharapkan komunikasi antara pelanggan dengan Perseroan menjadi lebih erat. Di samping itu, INTA berharap segala informasi terkait alat berat atau layanan INTA dapat disampaikan dengan tepat sasaran melalui acara-acara yang ditujukan untuk konsumen atau calon konsumen.

Berikut ialah kegiatan terkait konsumen yang diadakan tahun 2014:

    1. IPPS Roadshow Construction Kendari 2014. Kegiatan ini diadakan pada 16 April 2014 di Swiss-Belhotel,Kendari.

    2.IPPS Customer Gathering Mamuju 2014 Kegiatan ini diadakan pada 14 April 2014 di Hotel D’Maleo Mamuju, Sulawesi.

    3. IPPS SDLG Roadshow Palu 2014 Kegiatan ini dilakukan pada 22 Mei 2014 di Mercure Hotel Palu.

    4. SDLG Product Clinic . Pada 18 September 2014, INTA mengadakan SDLG Product Clinic di INTA Institute Building.

    5. Pameran Konstruksi Indonesia 2014 INTA turut serta meramaikan Pameran Konstruksi Indonesia 2014 yang berlangsung 5-7 November 2014 di Jakarta Convention Center.

    6. 10th Indonesian Palm Oil Conference IPW mengikuti konferensi ini pada 26-28 November 2014 yang bertempat di Trans Luxury Hotel, Bandung.

 

 

 

 

 

INTA Institute

Pengembangan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia

 

Kompetensi tenaga kerja yang unggul dan berkualitas menjadi kebutuhan yang paling utama untuk menjawab persaingan dunia kerja dan bisnis yang semakin ketat dewasa ini. Bertolak dari kesadaran tersebut, Perseroan berkomitmen meningkatkan keahlian dan kemampuan karyawan dengan fasilitas pendidikan dan pelatihan yang tepat.

INTA mendirikan INTA Institute, lembaga pendidikan tinggi yang bertujuan mengakselerasi kompetensi karyawan demi menjawab persaingan usaha yang kian ketat. INTA meresmikan INTA Institute pada 2 Mei 2014. Pembangunan lembaga pendidikan ini menelan biaya sebesar USD2,5 juta yang diambil dari belanja modal Perseroan.

Keberadaan INTA Institute sangat penting bagi Perseroan karena lembaga pendidikan ini menjadi investasi jangka panjang yang berharga dalam penguatan sumber daya manusia. INTA berharap keberadaan INTA Institute akan memperkuat teknisi Perseroan sehingga pada akhirnya dapat memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen

INTA Institute tidak hanya menyediakan pelatihan untuk karyawan INTA Group, tapi juga menyediakan pelatihan umum untuk pemangku kepentingan lain seperti pelanggan, penyedia jasa, dan rekan bisnis lainnya.

Menyediakan Sistem Pendidikan dan Pelatihan (Infrastruktur, Program, Fasilitator, dan Metode) dan Siklus Pelatihan (Needs Analysis, Desain, Eksekusi, dan Evaluasi Pelatihan) yang berkualitas tinggi untuk mendukung keberadaan budaya pembelajaran yang sesuai dengan nilai-nilai perusahaan (nilai-nilai I-P-O: RITE: Resilient, Integrity, Team Player, Excellence, REST: Reliable, Empowering, Synergy, Transparent, CINTA: Collaborative, Innovative, Networking, Trustworthy, Assurance) sebagai bentuk aktualisasi dari Perusahaan yang mendukung Pengembangan Ekonomi Lokal (Local Economy Development Enterprise) pada tahun 2020. Menyediakan Program-program Pendidikan dan Pelatihan yang fokus dan terintegrasi bagi semua karyawan, pelanggan, dan komunitas INTA lewat utilisasi manajemen pengetahuan (knowledge management) untuk menjadi Perusahaan yang mendukung Pengembangan Ekonomi Lokal: pengetahuan dan keahlian.

Menyediakan Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan profesional dan berkesinambungan demi mendukung dan memperkuat lini-lini bisnis dan pengembangan di masa depan demi aktualisasi INTA Group sebagai Perusahaan yang mendukung Pengembangan Ekonomi Lokal.

 

 

 

 

Pengembangan Masyarakat

 

1. Pembangunan Rumah Sakit

Pada 21 Februari 2014, INTA bekerjasama dengan sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Yayasan Transformasi Bangsa meresmikan rumah sakit Rumah Indonesia Sehat (RIS) Hospital di kelurahan Lengkong Gudang Timur, Serpong, Tangerang Selatan. Beralamat di Ruko Golden Boulevard Blok W1 No. 3, BSD City, Tangerang Selatan, RIS Hospital menjadi rumah sakit tanpa kelas pertama di Indonesia yang memungkinkan setiap masyarakat dapat memperoleh pelayanan rumah sakit kelas A dan B.

RIS memungkinkan setiap masyarakat berobat tanpa perlu khawatir tidak mampu membayar. Sebab, setiap layanan yang disediakan menerapkan sistem subsidi silang dimana masyarakat mampu akan mensubsidi masyarakat yang kurang mampu. RIS menyediakan 12 poliklinik yakni poliklinik umum, kebidanan, mata, THT, spesialis anak, penyakit dalam, kulit dan kelamin, neurology, jantung, bedah umum, medical check up, dan gigi. RIS Hospital pun akan melengkapi poli ini seiring dengan kebutuhan masyarakat.

Di samping poliklinik, RIS juga menyediakan layanan laboratorium untuk 12 jenis pemeriksaan antara lain microbiology, parasithology, hematologic, coagulation, clinical chemistry, toxicology, immunology, immunohematology, seurology, urinalysis, historogical, dan sitology.Dalam menjalankan usahanya, RIS Hospital memiliki visi menjangkau masyarakat yang tidak terjangkau dengan cara menyediakan layanan kesehatan berkualitas untuk masyarakat kelas bawah di sekitar Serpong, Tangerang. Untuk mendukung visi tersebut, RIS Hospital juga memiliki misi sebagai berikut:

1. Menyediakan layanan kesehatan yang terjangkau untuk masyarakat kelas bawah di Tangerang dan sekitarnya.

2. Menyediakan layanan bedah yang terjangkau untuk masyarakat kelas bawah yang berada di Tangerang dan sekitarnya.

3. Menjadi rumah sakit rujukan bagi klinik umum lainnya di Tangerang dan sekitarnya.

 

 

2. Donor Darah

INTA Group Jakarta bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kantor Pusat mengadakan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) rutinan berupa Donor Darah setiap tiga bulan sekali. Pada 2015 ini, sudah diadakan tiga kali, yaitu pada Kamis, 22 Januari 2015; Rabu, 22 April 2015 & Rabu, 29 Juli 2015 lalu, yang bertempat di Kantin INTA Group Cakung.

Kegiatan sosial rutinan ini termasuk pada pilar Care Health, dimana INTA Group ikut serta dalam membantu meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia yang sangat membutuhkan darah. Tidak hanya itu, untuk sisi karyawan internal INTA Group, kegiatan rutinan ini berguna untuk meningkatkan rasa kebersamaan & kepedulian sosialnya serta menumbuhkan rasa toleransi antar sesama dan membangun kesan yang lebih positif hingga tercipta suasana yang sinergi.

Kegiatan rutinan ini sangat di nanti oleh karyawan INTA Group. Itu terbukti dengan banyaknya karyawan yang mendaftar disetiap acara donor darah ini diadakan untuk dapat mendonorkan darah nya ke pihak administrasi anggota Palang Merah Indonesia (PMI) di lokasi setempat.

Kegiatan donor darah ini berlangsung kurang lebih selama empat jam. Yang di mulai pukul 11.00 WIB s/d 14.00 WIB. Puncaknya acara ini terjadi pada pukul 13.00 WIB pada saat jam istirahat karyawan berlangsung. Kegiatan CSR “Donor Darah” rutinan ini berjalan lancar dan sukses. Semoga pada kegiatan donor darah selanjutnya, karyawan INTA Group semakin banyak yang peduli akan pentingnya donor darah.

 

 

3. Pembagian Sembako

Sebagai bagian dari komunitas warga sekitar, INTA Group ingin berbagi dalam kegiatan sosial berupa “Pembagian Sembako”.

Kamis, 9 Juli 2015, bertempat di Halaman rumah ketua RT Blok K Kamp. Sawah Semper, INTA Group mengadakan kegiatan sosial berupa “Pembagian Sembako” untuk warga sekitar lingkungan INTA Group Cakung. Sebanyak 430 paket sembako telah INTA Group siapkan untuk sekitar lingkungan INTA Group Cakung.

Kegiatan sosial “Pembagian Sembako” ini merupakan kegiatan rutinan yang diadakan INTA Group setiap tahunnya agar INTA Group dapat maju, tumbuh dan berkembang bersama warga sekitar Blok K Kamp. Sawah Semper dari segi bisnis. Tujuan management lainnya dalam mengadakan kegiatan sosial “Pembagian Sembako” ini adalah meringankan beban warga sekitar. Management berharap dengan “Pembagian Sembako” ini, warga sekitar bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri lebih baik lagi.

 

 

4. Halal Bihalal Bersama INTA Group

Acara Halal Bihalal merupakan kegiatan rutin tahunan oleh karyawan INTA Group. Jumat, 31 Juli 2015 lalu bertempat di kantin INTA Group Cakung mengadakan Halal Bihalal Bersama yang bertema “Dengan Semangat Halal Bil Halal 2015 kita Pererat Kebersamaan dan Kerjasama untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja”. (INTA, IPPS, IPW, CCI, Terra Factor, IBF, Kasuari, PAI & IR) dengan jumlah karyawan sebanyak kurang lebihnya 625 orang.

Acara ini pun di mulai pukul 15.00 s/d 17.30 WIB. Dengan dibuka oleh Ahmad Mashudi untuk memberikan kata sambutan sebagai ketua panitia acara dan Petrus Halim – CEO memberikan pidato dan pengarahan mengenai keberasamaan dan produktivitas kerja. Acara Halal Biahal ini dihadiri seluruh Jajaran Direksi & Management INTA Group.

Sebelum acara Halal Bihalal ini berakhir, seluruh Jajaran Direksi & Management INTA Group beserta seluruh karyawan INTA Group yang hadir, saling bersalam-salaman memohon maaf satu sama lain dan akhir acara Halal Bihalal kali ini di tutup dengan makan sore bersama di kantin INTA Group.

 

 

5. Pengobatan Gratis

CSR INTA Jakarta bekerjasama dengan OMNI Hospital mengadakan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) berupa Pengobatan Gratis untuk warga Kampung Sawah Cakung Cilincing dan sekitarnya (Blok K RT. 10/RW. 11) pada Selasa, 8 September 2015 lalu, yang bertempat di Rumah Pak RT. 10 & Posyandu Kampung Sawah.

Kegiatan sosial ini termasuk pada pilar care Health, dimana INTA Group ikut serta dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat sekitar yang bersinggungan langsung dengan kegiatan perusahaan.

CSR INTA – care Health “Pengobatan Gratis” ini dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.30 WIB. Warga yang berdatangan, baik anak-anak maupun ibu & bapak serta para usia lanjut (lansia) sangatlah ramai dan senang dengan adanya kegiatan sosial ini.

Total pasien yang berobat saat itu sebanyak 378 pasien. Dengan kategori pasien, sbb :

  • Balita usia bayi s/d 15 thn sebanyak 151 pasien.
  • Ibu Hamil sebanyak 21 pasien.
  • Umum dengan usia 16 s/d 49 thn sebanyak 127 pasien dan
  • Usia lanjut / Lansia dengan usia di atas 50 thn sebanyak 79 pasien.

Dari total pasien tersebut, penyakit terbanyak yang di keluhkan warga tersebut adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas); Otot, Sendi & Jaringan Pengikat serta THT.

Tim dokter yang di pimpin oleh dr. Suryani sangat kompak, tanggap dan sabar dalam menangani pasien (warga) disana. Tidak hanya itu saja, dr. Suryani sangat senang sekali berbagai informasi & pengetahuannya mengenai kesehatan terutama mengenai “Prilaku Hidup Bersih Sehat & Cara Mempraktekan Cuci Tangan yang Benar”.

Melalui kegiatan CSR INTA - care Health “Pengobatan Gratis” diharapkan akan selalu tercipta hubungan baik antara PT Intraco Penta, Tbk., Cakung dengan Kampung Sawah Cakung Cilincing dan sekitarnya (Blok K RT 10/RW 11) seperti yang telah terbina selama ini.


 

6. Penanaman Pohon Hutan Kota Rawa Malang

Sebanyak 300 pohon pelindung trembesi dan mahoni ditanam untuk menghijaukan kawasan Hutan Kota Rawa Malang, Kelurahan Semper Timur, Rabu 7 Oktober 2015. Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Ahmad Ya'la menyampaikan apresiasinya kepada PT. Intraco Penta, Tbk yang telah berpartisipasi melakukan aksi tanam pohon.

"Kegiatan ini semoga menjadi kontribusi yang luar biasa dan bisa menggerakkan perusahaan lainnya untuk ikut berkontribusi dalam penghijauan lingkungan," ungkap Ahmad Ya'la didampingi Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Suroto.

Sementara itu, Komisaris PT. Intraco Penta, Tbk, Leni Halim menyatakan aksi tanam pohon ini sebagai bentuk keperdulian perusahaan kepada lingkungan melalui program CSR. "Hari ini dilakukan penanaman 300 pohon pelindung semoga bermanfaat dan menghijaukan kawasan Hutan Kota Rawa Malang," ujarnya. Lokasi Hutan Kota Rawa Malang tepat di depan gedung INTA Institute